Vinkensport, Olahraga Unik Asal Flanders Belgia, Kompetisi Unjuk Keterampilan Burung Finch Berkicau

- 31 Juli 2020, 22:10 WIB
Para juri dalam perlombaan Vinkenzetting tengah mencatat kicauan burung Finch. /HDV"/Kran van West-Vlaanderen

PR KARAWANG – Aktivitas berolahraga biasanya dikaitkan dengan berbagai keterampilan fisik maupun mental yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.  

Bukan hanya manusia, hewan juga bisa dilibatkan dalam aktivitas olahraga. Tak jarang berbagai komunitas menggelar kompetisi olahraga dengan menunjukkan kemampuan fisik hewan peliharaan mereka.

Tetapi lain halnya bagi Vinkensport atau disebut juga vinkenzetting, olahraga tardisional asal Flanders, negara bagian di kerajaan federal Belgia, yang satu ini cukup membingungkan karena burung yang dilombakan hanya diberi penilaian setiap kali berkicau dalam kurun waktu satu jam.

Dikutip Pikiranrakyat-karawang.com dari Oddity Central, burung yang diikutsertakan dalam lomba tersebut merupakan jenis Finch atau common chaffinch.

Baca Juga: Cek Fakta: Terekam Kamera, Obyek Bercahaya Berbentuk Piringan Diklaim UFO Muncul dari Balik Awan

loading...

Sejak tahun 1593, masyarakat Flanders terbiasa menggelar lomba tahunan olahraga unik Vinkensport ini. Sebagian besar masyarakat Flanders yang merupakan etnis asli Flemish sudah menjadikan olahraga tersebut sebagai tradisi turun temurun yang tak pernah dilewatkan.

Saat lomba dimulai, ribuan burung Finch yang menjadi peserta disimpan dalam boks kayu. Jarak antara burung dengan burung lainnya sekitar 1 meter.

Para juri yang bertugas akan duduk di depan boks berisi burung Finch itu. Mereka akan membuat goresan kapur dalam tongkat kayu setiap kali burung berkicau di selama satu jam.

Namun uniknya, setiap juri yang memberikan penilaian tidak mengetahui rupa burung Finch yang mereka awasi. Begitu pun dengan pemiliknya, mereka tidak tahu burung Finch yang dimilikinya berada di tangan juri yang mana.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Oddity Central


Tags

Komentar

Terkini

Artikel Rekomendasi

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X