Tanaman di Dieng Tampak Berembun Hingga Membeku, BMKG Ungkap Monsun Dingin Australia Penyebabnya

- 26 Juli 2020, 22:42 WIB
Suhu dingin di dataran tinggi Dieng. Humas Provinsi Jawa Tengah

PR KARAWANG – Suhu dingin tengah menjadi perbincangan warganet di media sosial sejak Minggu 26 Juli 2020 pagi.

Beberapa warga di berbagai kota melaporkan suhu yang terasa jauh lebih dingin dari biasanya, tetapi mereka mengaku belum mengetahui penyebabnya.

Menanggapi sejumlah pertanyaan yang masuk, BMKG menjelaskan bahwa suhu dingin yang baru-baru ini terasa di beberapa kota di Indonesia merupakan fenomena alami yang kerap terjadi pada puncak musim kemarau.

Dalam unggahan akun Twitter resmi Disporapar Jateng, terdapat foto Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi salah satu wilayah yang sedang diselimuti suhu dingin yakni Dieng.

Dalam foto berikutnya tampak suhu dingin menyebabkan tanaman di sekitar kawasan dataran tinggi Dieng mengembun hingga menjadi es.

Tahun 2019 lalu, Dieng juga pernah mengalami kondisi serupa. Suhu dingin menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di dataran tinggi Dieng.

Baca Juga: Cek Fakta: Terima Bayaran dari Perusahaan, Oknum Polisi Dikabarkan Aniaya Petani di Sulawesi Selatan

Dikutip Pikiranrakyat-karawang.com dari BMKG, kondisi tersebut merupakan fenomena yang normal. Udara di sebagian wilayah Indonesia selatan ekuator khususnya wilayah Jawa memang mengalami penurunan suhu secara signifikan.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: BMKG


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X