Dalam Waktu Dekat Karawang Masih Aman dari Banjir Kiriman

- 5 Desember 2019, 16:12 WIB
Sungai Citarum.*

KARAWANG (PR)- Dalam waktu dekat ini, wilayah Karawang diprediksi tidak akan menerima banjir kiriman meski intensitas hujan mulai tinggi.

Hal ini bahkan sampai dijamin oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang. Lantaran hingga saat ini tiga bendungan yang berada di sepanjang aliran Sungai Citarum daya tampungnya masih dibawah daya tampung biasanya.

Hal ini berarti bahwa air hujan tidak serta merta masuk ke wilayah Karawang melainkan ditampung terlebih dahulu di Bendungan Saguling, Cirata dan Jatiluhur.

Baca Juga: Pencemaran Sungai di Karawang Menurun Berkat Peran Satgas Citarum Harum

"Masih minimnya air bendungan diprediksi bakal mengurangi dampak banjir kiriman dari hulu Sungai Citarum," ujar Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna, di kantornya, Kamis, 5 Desember 2019.

loading...

Dijelaskan dia, Bendungan Saguling memiliki batas operasi 625 MDPL. Kondisinya terakhir yang diterima BPBD Karawang kondisi Saguling mencapai 626,04 MDPL.

Sementara Bendungan Cirata, kondisinya 206,11 MDPL dengan batas operasi 206 MDPL dan kondisi Bendungan Jatiluhur mencapai 87,50 MDPL dengan batas operasi 87,36 MDPL.

Baca Juga: Pemakaman Muslim Seluas 50 Hektare Akan Dibangun di Karawang

"Banjir kiriman dari Sungai Citarum kemungkinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini. Banjir kiriman bisa terjadi jika air Sungai Cibeet meluap. Sebab, hingga saat ini, di aliran Cibeet belum ada bendungan yang bisa mengontrol volume air sungai," kata Supriatna.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X