Bawaslu Akan Bentuk Tim Patroli Medsos di Pilkada 2020

- 25 November 2019, 10:41 WIB
Media Gathering Bawaslu Karawang.*/DODO RIHANTO /

KARAWANG, (PR).- Peran media sosial dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dipastikan bakal semakin marak. Setiap pasangan calon dan pendukungnya bisa menggunakan medsos sebagai sarana kampanye juga sarana menyerang calon pesaingnya.

Atas dasar itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bakal membentuk tim khusus yang tugasnya mencermati unggahan pasangan calon dan pendukungnya di sejumlah medsos.

"Kami akan melakukan patroli khusus medsos," ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Jawa Barar, Zaki Hilmi di sela acara Media Gathering Bawaslu Karawang dengan kalangan Media Massa, di Karawang, Minggu (24/11/2019).

Baca Juga: Pemakaman Elite di Karawang Tawarkan Harga Fantastis

Menurut dia, patroli medsos tersebut di antaranya juga mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada 2020, termasuk Pilkada Karawang. ASN yang diketahui ikut menyukai foto atau status salah satu peserta Pilkada di media sosial bisa diindikasikan tidak netral.

"Misalnya ASN yang mengklik status pasangan calon di media sosial itu bisa dijerat Undang-undang Pemilu. Apalagi dia memposting status yang menyatakan dukungan terhadap paaangan calon," katanya. 

loading...

Dijelaskan juga, netralitas ASN dalam Pilkada 2020 di Jawa Barat harus menjadi perhatian Bawaslu. Sebab, hampir sumua petahana ikut maju menjadi kontestatan dalam Pilkada 2020 nanti.

 Baca Juga: Dedi Mulyadi Desak Penyelesaian Pencemaran Minyak Pertamina di Karawang

"Di Jawa Barat sendiri bakal ada delapan Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada di 2020. Beberapa petahana diperkirakan ikut maju lagi," katanya.

Disebutkan Zaki, dengan majunya petahana dalam perhelatan Pilkada, netralitas ASN harus diawasi secara ketat.  Jika tidak, dikhawatirkan hal itu memicu terjadinya konflik Pilkada.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Artikel Rekomendasi

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X