Serabi Kuntilanak Khas Karawang, Cita Rasa Lama Bikin Rela Antri Lama

- 22 November 2019, 14:39 WIB
Serabi Hijau.*/ISTIMEWA

KARAWANG, (PR).- Soal kuliner, Jawa Barat memang tidak pernah kehabisan stok memperkenalkan berbagai macam karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan khasnya. Dengan berbagai macam karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan yang ditawarkan, karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan khas Jawa Barat ini juga memiliki rasa yang beragam.

Salah satu kuliner khas Jawa Barat yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, yaitu Surabi atau Serabi. Surabi adalah karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan khas Jawa Barat yang cara memasaknya dibakar menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat.

Kue surabi ini bisa kita temui di berbagai tempat. Beda tempat, tentu berbeda juga harga dan rasa yang ditawarkan. Surabi hijau yang paling terkenal di daeranh Karawang yakni surabi hijau milik Bapak M. Kasim.

Nama surabi hijau dikenal juga dengan sebutan surabi kuntilanak, karena kiosnya yang memang berdekatan dengan salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Rengasdengklok. Dengan nama yang semakin dikenal, pemilik kios enggan membuka cabang di tempat lain. Jadi untuk kalian yang ingin merasakan enaknya surabi hijau ini, siap-siap mengantri dengan pembeli yang lain.

Eksotisnya Goyang Karawang dan Stigma Negatif yang Menyertainya

loading...

Surabi ini enak dimakan berasama gula (cairan) yang disediakan dengan dua rasa, rasa durian dan gula merah biasa. Kasim menjamin bahwa untuk gula ini pun ia tidak menggunakan zat perasa, akan tetapi asli dari durian dan gula merah. Karena itu, kualitas rasanya pun tetap terjaga dan tentu saja sehat untuk dikonsumsi.

Kelebihan lainnya yang juga menjadi cirri khas baik dalam pembuatannya maupun aroma rasanya adalah bahan bakarnya yang dari kayu dengan cetakan tradisional dari tanah liat.

Bahan  baku surabi hijau terdiri , tepung terigu, tepung beras, santan, garam dapur, telur, baking powder (ragi) serta daun pandan atau suji untuk pewarna hijau surabi. Sebagai pemanis rasa berupa gula cair dibuat terdiri dari campuran gula merah, gula putih, santan. Sedangkan untuk gula rasa durian diberi tambahan sari buah durian.

Surabi hijau adalah karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan yang cocok untuk dijadikan cemilan. Makanan ini juga bagus untuk orang yang sedang diet. Karena, dengan cara memanggangnya pun tidak memakai minyak sama sekali. Maka dari itu, tidak ada lemak dalam karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan ini. Jadi, pas sekali karawang.pikiran-rakyat.com/tag/makanan">makanan ini bagi orang yang sedang melakukan diet.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

X