Tak Ingin Olahan Daging Jadi Keras dan Kurang Enak? Hindari Kesalahan yang Kerap Disepelekan Berikut

- 31 Juli 2020, 14:33 WIB
Ilustrasi: sate daging kambing/ /pixabay/saesherra

PR KARAWANG – Menyambut Hari Raya Iduladha, sebagian masyarakat sudah terlebih dahulu menyiapkan deretan menu olahan daging baik sapi maupun kambing untuk disajikan pada malam hari.

Sejak lama sate menjadi salah satu menu wajib yang lazim dihidangkan sebagai menu rumahan di masa libur Iduladha. Selain cara mengolahnya yang relatif lebih mudah, bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak sate juga tidak terlalu rumit.

Namun melakukan kesalahan yang sering dianggap sepele dalam mengolah daging ternyata bisa menimbulkan rasa yang tidak enak, atau bahkan keras, begitu juga dengan olahan sate.

Seorang ahli yang bekerja sebagai Presidet of Association of Culinary Professionals Stefu Santoso membeberkan dua kesalahan kecil yang sering dilakukan saat mengolah daging berikut ini dapat mengganggu cita rasa menu yang akan Anda santap bersama keluarga di rumah.

Baca Juga: Merasa Bernasib Sama, 2 Tersangka dalam Komunitas Veronica Lovers Diamankan Usai Ahok Buat Laporan

loading...

Kesalahan pertama yakni langsung mengolah daging usai dibagikan. Menurut Stefu Santoso, meski dalam kondisi segar karena baru saja dipotong, menyegerakan proses olahan daging sapi maupun kambing bisa membuat teksturnya terasa keras. Terlebih saat diolah menjadi sate, daging akan terasa lebih keras.

Kesalahan kedua, meski bertujuan untuk membuat daging tidak lengket pada wajan atau alat masak lainnya, menambahkan mentega maupun minyak secara berlebihan ternyata tidak baik.

Alih-alih membuatnya tidak lengket pada alat masak yang digunakan, daging malah akan cepat gosong karena dibakar di atas mentega yang meleleh lalu menetes tepat pada bara memicu api naik dan menjilat seluruh bagian daging.

Stefu Santoso menjelaskan teknik yang benar agar membuat daging tidak lengket yakni dengan membuat alat panggangan panas secara sempurna sebelum memanggangnya.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Antara News


Tags

Komentar

Terkini

Artikel Rekomendasi

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X