Cek Fakta: Kuno dan Tak Percaya Diri Dikabarkan Jadi Alasan Jokowi Jarang Gunakan Pakaian Adat Jawa

- 28 Juli 2020, 14:35 WIB
Presiden Joko Widodo di sela pemberian bantuan modal kerja kepada pedagang kecil yang terdampak Covid-19 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 21 Juli 2020. /- Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

PR KARAWANG – Beredar kabar di media sosial yang menyebut Presiden Joko Widodo merasa malu jika harus mengenakan pakaian adat Jawa. Presiden Joko Widodo dituding menganggap pakaian adat Jawa adalah busana yang terlampau kuno.

Klaim tersebut datang dari pemilik akun Facebook Wall Ja Raja yang mengunggah foto Joko Widodo memakai busana serban putih disertai sorban. Wall Ja Raja menyematkan narasi “Jokowi jarang mengenakan busana Jawa karena busana Jawa kuno, nggak percaya diri.”

Tangkapan layar klaim tentang Joko Widodo dituding tak percaya diri gunakan pakaian adat Jawa.
Tangkapan layar klaim tentang Joko Widodo dituding tak percaya diri gunakan pakaian adat Jawa. Mafindo

Mafindo melaporkan, dikutip Pikiranrakyat-karawang.com, klaim tersebut merupakan informasi yang salah.

Berdasarkan penelusuran, foto yang disebarluaskan Wall Ja Raja didokumentasikan saat Joko Widodo hadir dalam acara Jakarta Night Religious Festival. Acara itu digelar di sekitar kawasann Bundaran Hotel Indonesia dan Monumen Nasional di Jakarta pada tahun 2013 lalu.

loading...

Baca Juga: Cek Fakta: Jadi Korban Bully Warganet, Mark Zuckerberg Dikabarkan Akan Tarik Facebook dari Indonesia

Dalam berbagai kesempatan, selama Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, tak jarang ia tampil mengenakan pakaian adat dari beberapa daerah.

Saat memperingati Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo hadir memimpin upacara dengan menggunakan pakaian adat Jawa kengkap dengan blankon sebagai penutup kepala.

Bukan hanya itu, dalam agenda upacara peringatan HUT RI ke-74 yang digelar di Istana Kepresidenan, Joko Widodo hadir menggunakan pakaian adat Bali yang berasal dari Klungkung. Busana yang ia gunakan berwarna hitam dilengkapi brokat emas dipadankan dengan kain dan hiasan kepala senada.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Terkini

Artikel Rekomendasi

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X