Masalah Gigi dan Mulut yang Bisa Timbul Akibat Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Bersoda

- 5 Juli 2020, 17:50 WIB
Ilustrasi mengonsumsi minuman bersoda. /Paddington Denstistry

PR KARAWANG – Tak jarang seorang dokter meminta pasiennya mengurangi konsumsi minuman bersoda agar sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Sebuah penelitian membuktikan soda bisa memicu kerusakan pada gigi. Penelitian tersebut dilakukan kepada wanita berusia 30 tahun yang rutin meminum soda sebanyak dua liter setiap hari selama lima tahun berturut-turut.

Dikutip Pikiranrakyat-karawang.com dari Female First, hasilnya wanita itu mengalami kerusakan pada gigi layaknya pecandu metamfetamin yang berusia 29 tahun dan pecandu kokain berusia 51 tahun.

Kepala Eksekutif British Dental Health Foundation Nigel Carter mengungkapkan kerusakan gigi itu dipicu oleh seringnya mengonsumsi minuman bersoda. Carter menyebut kebiasaan mengonsumsi minuman manis juga tidak baik untuk kesehatan mulut.

“Setiap kali kita mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula selama kurang lebih satu jam, air liur manusia secara alami akan memainkan fungsinya untuk menetralkan kadar asam dalam mulut. Aktivitas tersebut membutuhkan waktu hingga satu jam,” tutur Nigel.

loading...

Baca Juga: Cek Fakta: Joko Widodo Dikabarkan Akui Gagal dan Perlihatkan Kelemahannya Sebagai Presiden RI

Bukan hanya pada orang dewasa, makanan dan minuman manis juga bisa memicu terganggungnya pertumbuhan gigi pada anak-anak.

“Jika dikonsumsi secara terus menerus, sama saja gigi dan mulut seperti tidak diberikan waktu untuk memulihkan kondisinya. Jika itu terjadi, gigi akan semakin rusak oleh soda dan bahan minuman manis lainnya. Minuman manis terbukti menjadi alasan utama anak-anak mengalami kerusakan pada giginya,” tutur Nigel.

Kerusakan gigi tersebut bisa terjadi dalam beberapa masalah di antaranya erosi gigi, gigi berlubang, dan plak.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Female First


Tags

Komentar

Terkini

Artikel Rekomendasi

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X